Minggu, 06 Agustus 2017

Semburat Simpang Susun Semanggi



Foto aerial Simpang Susun Semanggi di Jakarta, Jumat (14/7/2017). Jalan layang sepanjang 1,6 kilometer yang mengelilingi Bundaran Semanggi untuk mengurangi kemacetan di kawasan tersebut bakal dilakukan uji coba pada 29 Juli hingga 16 Agustus 17 sebelum diresmikan pada 17 Agustus 2017.

Jakarta - Simpang Susun Semanggi bagaikan semburat atau pancaran cahaya baru Jakarta. Pengerjaannya hanya setahun. Namun ada sejarah panjang yang terbentang dalam proses lahirnya karya monumental ini.

Ikon kedua Jakarta setelah Monas ini berlokasi di persimpangan antara Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Awalnya berupa rawa-rawa yang dipenuhi pohon semanggi.

Presiden pertama RI Sukarno kemudian berinisiasi membangun Jembatan Semanggi. Proyek dimulai pada 1961 dan rampung dalam setahun.

Kini berkembang menjadi Simpang Susun Semanggi atas gagasan Gubernur ke-17 DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Proyek dimulai pada 2016 dan rampung dalam setahun.

Meski berbeda masa, keberadaan Jembatan Semanggi maupun Simpang Susun Semanggi punya tujuan yang sama, yakni mengatasi kemacetan Simak selengkapnya dalam Infografis di bawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome To WorldHobi Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino