Jumat, 28 Juli 2017

6 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Dipakai Sampai Sekarang




Bahasa adalah sesuatu yang selalu berkembang dan ikut berubah. Penambahan kata baru dalam kamus jadi satu bukti kalo bahasa itu nggak berhenti di satu titik aja. Contohnya aja, zaman nenek moyang, nggak ada tuh kata selfie atau swafoto. Sekarang di zaman lo, ada kata itu. Ngomongin soal bahasa, P! punya daftar bahasa tertua di dunia nih. Saat ada beberapa bahasa yang udah punah, bahasa-bahasa ini masih tetap eksis. Bahasa apa aja sih? Yuk, simak.

1. Hebrew



Tahu nggak sih berapa umur bahasa ini? Udah 3000 tahun! Wow banget! Dulu bahasa ini udah mau punah. Lalu, Zionisme mulai populer selama dua dekade. Sejak saat itu bahasa ini jadi bahasa resmi Israel. Saat ini bahasa ini masih dipakai oleh orang Yahudi di seluruh dunia.

2. Tamil



Ini adalah bahasa dari zaman kuno. Bahasa ini udah dipakai sejak 2000 tahun lalu. Penutur terbanyaknya ada di India bagian Selatan, Sri Lanka, dan Singapura. Bahasa Tamil sendiri bisa dikelompokkan menjadi tiga, di antaranya Tamil Klasik, Modern, dan Bahasa Sehari-hari/Tidak Resmi. Ketiga bentuk itu masih dipakai sampai sekarang.

3. Farsi



Farsi atau Persian adalah bahasa yang jumlah penuturnya mencapai lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Karena alasan politis, bahasa ini juga disebut Dari di Afghanistan dan Tajiki di Takikistan. Padahal itu adalah bahasa yang sama. Perbedaannya cuma dikit banget. Farsi juga dianggap sebagai bahasa yang punya pengaruh di beberapa bahasa lain terutama Bahasa Urdu.

4. Lithuanian



Bahasa ini menarik banget. Saat sebagian besar bahasa di benua Eropa masuk ke Indo-European, bahasa ini malah masuk ke kategori Proto-Indo-European. Ada yang bilan kalo bahasa ini adalah bahasa Baltic yang paling konservatif. Kalo lo pernah denger bahasa ini, ini adalah bahasa yang mirip sama bahasa Sansekerta atau bahasa Yunani Kuno. Walaupun gitu, bahasa ini tetap jadi bahasa resmi di Lithuania dan banyak orang Polandia yang masih pakai bahasa ini.

5. China


Selain masuk dalam daftar bahasa tertua, bahasa ini juga termasuk bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Penuturnya sekitar 1,2 milyar orang di dunia atau 16 persen dari penduduk Bumi. Bahasa ini udah udah sejak 3000 tahun lalu. Bahasa China yang paling asli udah nggak ada, tapi variasi dari bahasa ini yakni Mandarin dan Kanton masih dipakai.

6. Latin



Latin termasuk ke bahasa Indo-European. Bahasa ini jadi akar dan asal berbagai bahasa di Eropa. Bahasa Latin Kuno dipakai di Kerajaan Romawi. Saat ini bahasa ini jadi bahasa resmi di Vatican. Bahasa ini juga diakui sebagai bahasa resmi di Polandia. Beberapa sekolah di dunia ini juga ada yang mengajarkan bahasa ini sebagai pelajaran tambahan.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome To WorldHobi Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino