Sabtu, 03 Juni 2017

Tak Ada Pagar Apalagi Borgol, Penjara Ini Bak Hotel Mewah


Seorang narapidana sedang berjemur di depan pondoknya

WorldHobi - Penjara merupakan tempat kepada para pelanggar hukum untuk menjalani hukumannya. Peraturan hingga pengawasan yang sangat ketat jadi suatu yang umum dipenjara.Tapi bagaimana kalau penjara fasilitasnya lebih baik dari hotel berbintang?Mungkin ini sedikit membingungkan, namun itulah yang terjadi di Norwegia.

Penjara di Norwegia bernama Bastoy memberikan layanan terbaik untuk para narapidana.

Penjara Bastoy

Penjara ini berada di sekitar 75 Km di lepas pantai Oslo di Norwegia.Penjara Bastoy menampung berbagai penjahat negara seperti kejahatan pembunuhan, pemerkosaan, hingga kasus narkoba.Namun, setelah dikirim ke penjara ini mereka seperti sedang liburanBagaimana tidak, penjara ini hanya ada lima penjaga.Tidak ada dinding berkawat pagar listrik ataupun anjing pelacak.

Tahanan tinggal di pondok kayu kecil yang dicat warna merah.

Rumah para tahanan di Bastoy 

Para narapidana juga bisa berternak hingga menanam beberapa tanaman.Terdapat berbagai fasilitas yang melebihi hotel bintang lima seperti ada lapangan tenis, tempat memancing, berkuda, hingga pantai untuk berjemur.

Berkuda menjadi salah satu aktivitas para napi di Bastoy

Makan malam menawarkan berbagai menu hidangan pilihan mulai seafood sepeti salmon hingga udang.Berbagai fasilitas ini tentu sangat membingungkan apalagi para narapidana biasanya melakukan tindak kejahatan yang menggangu orang lain.Namun, nampaknya penjara ini berhasil menyadarkan para narapida.Hanya 16 persen tahanan yang kembali lagi ke penjara ini.

"Satu-satunya cara kita harus mengubah orang adalah dengan menempatkannya dalam situasi di mana perubahan dapat dimulai dari dalam pada setiap individu. Dan itu harus dimulai dengan dia menemukan dirinya dengan cara baru, alih-alih memandang dirinya sebagai kegagalan," tutur mantan gubernur Bastoy, Arne Kvernvik Nilsen.

Penjara Bastoy mendorong setiap narapidana bertangungjawab terhadap dirinya sendiri.Beberapa tahanan memilih menjadi peternak hingga merawat domba.

Memelihara domba 

Ada juga yang berprofesi sebagai petani, koki, manajer toko kelontong, tukang kayu, mekanik, dan bahkan operator feri.Tahanan harus bekerja dan sekolah tepat waktu, dan harus bisa membuktikan bahwa mereka bertanggung jawab.Mereka bekerja dari pukul 8:30 pagi sampai jam 3.30.Banyak orang dari penjara lain di Norwegia ingin dipindah ke penjara di Bastoy.

Seorang narapidana sedang berjemur di depan pondoknya 

Sipir Penjara Bastoy juga hanya ada lima orang.Meskipun tidak ada pagar pembatas dan hanya ada lima penjaga sangat jarang ada upaya melarikan diri dari penjara.Sejak dibuka pada 33 tahun terakhir hanya ada satu upaya pelarian diri hingga sekarang.




 

Welcome To WorldHobi Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino